Mar 30, 2016

Perkedel Kornet

Semingguan penuh ini ak harus berkutat di dapur karena koki terbaik dalam hidupku lagi pulang kampung, Iya mama tercinta lagi pulang kampung plus lagi liburan sama papa juga. jadilah tinggal anak-anknya di rumah, yang laki pengacara (Pengangguran banyak acara) ak sibuk kerja juga.

Dan ak juga harus masak untuk pagi siang malam, nah waktu iseng-iseng liat youtube ak liat resep Potato Tuna Patties ya mirip sama perkedel sih klo ak bilang, tapi resep yang ak dapet dari sana ak Modifikasi lagi (keq mobil ajah hahaha)

ak baru pertama kali buat ini. tp overall menurut selera lidah ku sih bilangnya enaak, langsung cepet2 suru cami cobain, and dy juga bilangnya enak, soft dan ga strong keq perkedel biasa.

Emang prosesnya ga keq perkedel biasa juga sih.. tapi mohon maaf saking enaknya ak lupa foto, mungkin next akan ku foto klo ak buat lagi. (itu juga klo inget ya..Tapi bener loh ini enak)

kita siapin bahan-bahannya ya..

300 gr Kentang
1 Bks kornet sapi (ak pke yang pronas)
1/2 cup jagung pilling (ga pake)
2 Daun  bawang, Iris-iris
1 Bh Telur
1/2 cup tepung roti (Ak pake tepung panir)
Lemon zest dari 1 lemon (Optional)
Garam & Black paper
2 Tbs Olive oil
1/2 Cup Tepung Roti (untuk coating)

Caranya:

1. Kupas kentang lalu potong dadu, bersihkan dan goreng hingga matang, (ga perlu sampai kering karena akan sulit di tumbuk) setelah itu tumbuk atau lumerkan / haluskan (Di mash)

2. Kentang yang sudah di haluskan, tambahkan kornet, campurkan.

3. tambahnkan lemon zest, jagung, daun bawang, telur, tepung, garam dan lada, aduk rata.

4. bulatkan adonan membentuk perkedel, lalu lumuri dengan tepung roti hingga padat dan merata.

5. panaskan minyak dengan api kecil, masak sekitar kurang lebih 3 menit perbagian, (Tunggu sampai sisi bawah matang, jangan di bolak balik) setelah matang angkat.

6. taruh perkedel di atas tissu dapur, agar minyak terserap kedalam tissu.

7. Lap pan menggunakan tissu sebelum melanjutkan sisanya..

Tips
1. Jangan menaruh perkedel terlalu banyak di dalam pan agar perkedel tidak hancur.
2. jangan terlalu sering di bolak balik, tunggu 2-3 menit hingga sisi bagian bawah matang baru di balik.
3. perkedel bsa tahan sampai max 30 hari. caranya setelah adonan di bentuk kukus selama kurang lebih 20 menit, lalu diamkan sampai dingin baru di masukan ke wadah, jika terlalu banyak jangan menumpuk adonan langsung tanpa di alasi. Alasi dengan kertas roti baru di tumpuk.


kalian bisa mengganti kornet dengan bahan lain seperti daging tuna dalam kaleng.

Jadi lapar lagi.. kalian bisa mencobanya klo niat kalian sudah bulat. memasak itu memang perlu niatnya.. ini pertama kalinya ak buat perkedel kornet nah sekarang giliran kalian, ak bisa kalian pasti bisa..selamat mencoba.

Salam,
Vp

No comments:

Post a Comment