Dec 15, 2015

Radang Tenggorokan

Guys.. udah akhir tahun ajah nih…bentar lagi udah masuk pergantian tahun lagi. Akhir-akhir tahun terkenal sama yang namanya musim ujan. Dan klo udah masuk musim ujan biasanya banyak yang kena flu nih.. (HIkz.. sama nih ak juga)
Udah hampir seminggu ak kena batuk flu, awalnya sih tenggorokan ak berasanya ga enak. Sakit banget, pas di liat ternyata tenggorokan ku kena radang. Merah da nada pembengkakan di amandel. Begitu-begitu ak masih makan yang buat panas dalem keq ayam goring, martabak telor, granola bar… (wkwkwk cari mati)
Alhasil tambah menjadi lah tenggorokan ku ini. Sekitar hari ke 4 pagi, ak coba cari tau apa yang bisa menolong ku untuk meringankan penderitaan ini.. (agak lebay dikit yaa) sebenenya ada banyak cara kalian bisa Tanya mbah google.. tapi cara yang ak pake dan sangat meringankan ak adalah…

1.       AIR GARAM.
Kalian bisa menggunakan larutan air garam untuk kumur-kumur, klo bisa sampai di tenggorokan tapi jangan di telan ya.. setelah 2x kumur-kumur kalian bisa minum sedikit air garamnya. Jangan lupa pakai air hangat.

2.       MADU
Aku juga coba minum madu, tapi cara ku minum madu tidak di larutkan dengan air, melainkan langsung di tuang di sondok lalu minum sekitar 1 s/d 2 sendok. Setelah itu minum sedikit air. Ini membantu ku meringankan gatel-gatel yang ada di tenggorokan.

3.       JUS BELIMBING
Ini terbukti meringankan ku dari gatal-gatal tenggorokan, ampun deh gatalnya… tapi setelah makan star fruit ini (oh ya krn ak malas jus ak potong saja) seperti ada rasa getah buah yang tersisa di mulut, tapi mendinganlah.. seharusnya sih buah belimbing ini di jus dengan menggunakan air hangat sedikit.


1.       TEH JAHE.

Ini gampang juga koq di buatnya, cuma iris tipis2 jahe yang kalian ada di dapur.iris secukupnya ajah lalu masak dengan air. Setelah matang airnya buat teh dengan air jahe tadi.

Malamnya kebetulan aku lagi di mall jadi aku pikir sekalian mampir ke pharmacy untuk beli obat. Setelah konsul sama orang apotekernya mereka kasih ak obat dari Pharos.

Antibiotik (Kanan)
Drovax Cefadroxil 500mg

Obat Radang (Kiri)
Toras Methylprednisolone Tablet 8mg



Sekarang sih udah ga sakit lagi tinggal penyembuhan batuk flu akibat dampaknya ajah. Utung ada ini obat klo ga sakitnya itu loh…


Nah di lanjutkan ini untuk penyembuhan batuk berhadaknya.
klo yg di atas sebelum ini kan obat radang sama antibiotik. Obat batuk ini harganya ga mahal koq ini sekitar Rp 16.000,- ak beli di century. 


semoga bermanfaat ya guys.

No comments:

Post a Comment