Aug 8, 2015

Cotton Soft Japanese Cheese Cake

Beberapa hari kemarin lagi iseng-iseng liat makanan di youtube,trus ga sengaja liat cheese cake keqnya enak banget walau bentuknya standart, apa karena aku lagi laper kali ya?? Hahaha… lalu aku coba cari-cari lagi video lainnya akhirnya ketemulah cake yang membuat ak jatuh hati.. (keq nemu pujangga).  Blogers  tau kan Japanese Cheese Cake?? Awalnya aku kira ini cake semacam bolu tapi ternyata emang cheese cake yang creamy itu… tapi beda dengan cheese cake yang di jual pada umumnya, Japanese Cheese cake ini ga bakal buat kamu enek percaya deh…

Aku sama sekali belum pernah kuat kue, cake atau apapun this is my first time.

Karena penasaran ak coba searching resepnya di mbah google. Ternyata banyak banget… dan cara maupun komposisinya berbeda-beda.. saya jadi galau sendiri mau ikut yang mana. Aku dapet dua resep yang menurut ak ok, tapi aku lupa linknya..(maaf ya..) dari resep ikut ak coba rubah-sedikit sih…

Cotton Soft Japanese Cheese Cake










Bahan-bahan:
- 140 gram gula bubuk
- 5 kuning telur (4 juga bisa)
- 5 putih telur (4 juga bias)
- 1/4 sendok makan cream of tartar (saya tidak pakai)
- 50 gram butter / mentega
- 250 gram creamcheese
- 120 ml susu cair (bias di ganti 3 sondok makan susu bubuk dicairkan dengan 120ml air)
- 1 sendok makan air jeruk lemon
- 60 gram tepung terigu
- 40 gram tepung maizena

Siapin bahan-bahan ini juga ya…
loyang bulat diameter 22cm
Loyang Persegi (kira-kira Loyang bulat bias masuk kedalam Loyang ini)
Air panas secukupnya
Aluminium foil
Mixer
Beberapa tempat untuk adonan kira-kira 3 baskom lah
Saringan


Cara membuat:
Siapkan loyang bulat, oles tipis dengan margarin, alasi dengan kertas roti, dan olesi lagi dengan margarin. Bungkus bawah Loyang menggunakan aluminium foil, (supaya ga ngerembes waktu di taruh di Loyang persegi. Karena Loyang persegi akan di isi air panas pada saat memanggang.)Sisihkan

siapkan wadah, masukkan cream cheese bersama butter dan susu cair, masak menggunakan teknik double boiler (memasak seperti di tim). Jika sudah larut semua, angkat dan dinginkan.

Masukkan terigu dan maizena ke dalam campuran cream cheese yang sudah agak dingin. Aduk rata menggunakan mixer.  Setelah rata, masukkan kuning telur, dan aduk sampai rata, tak ada yang menggumpal. Sisihkan.

Panaskan oven, set pada suhu 160 'C.

Kocok putih telur pertama dengan spead rendah, jika sudah berbusa masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai rata, kemudian naikkan ke spead sedang sampai gula larut, dan naikkan ke spead tinggi sampai menjadi seperti cream (keadaan soft peak).

Ambil satu sendok adonan putih telur, masukkan ke adonan cream cheese, aduk rata, untuk pancingan. Setelah itu masukkan semua adonan cream cheese ke adonan putih telur. Aduk perlahan supaya tercampur baik. Aduk menggunakan teknik aduk balik. Jangan mengaduk dengan terburu-buru, agar udara yang dihasilkan putih telur tadi tetap terperangkap didalam. Dan nanti cake akan mengembang sempurna.

Jika sudah rata, tuang ke dalam loyang, dan panggang dalam oven menggunakan teknik water bath. 

Panggang sampai permukaan berwarna emas kecoklatan, itu berarti cake telah matang.
Kalian gak perlu menusukin lidi untuk mengetes kematangan cake.
Dengan teknik water bath, jika permukaan cake telah berwarna kecoklatan itu berarti dalamnya juga sudah matang.

Keluarkan dari loyang, dan diamkan sampai dingin. Agar lebih tasty, masukkan dahulu cake ke dalam kulkas sampai dingin baru kemudian dipotong-potong.

Ta~Da~


Pertama kali buat cake, hati berdebar-debar… walau tampak luar cantik luar binasa..eh salah luar biasa. Tapi apa taste nya sama seperti tampilan cakenya??
Potongan pertama pas coba di mulut, coba tebak apa yang ak rasain… Aneh.. koq begini?? Emang begini kah rasanya?? Karena ak belum pernah sama sekali mahan Japanese cheese cake (JCC) ini.
Trus suapan ke-dua di cobain sang pujangga.. hahaha (Btw ini cake buat Anniversary aku sama pacar xixixixi…)
“Um… ENAAAAAK!!!!!”
“Akh.. Serius?? Koq agak creamy gtu ya?? Ak kira keq cake biasa” (Norak banget gitu, maklum belum pernah makan beginian)
“Emang rasanya begini sayang~~ Namanya juga cheese  cake”

Oke Potongan ke tiga kasih mama tercinta..
“Enak~ keq kue ulang tahun ya…”

Potongan ke Empat kasih temen Kantor aku cobain
“ Enak, Berasa deh.. Agak manis, creamy… Thx yaa..”

Potongan ke Lima kasih temen kantor sang pacar
“Wiii… Enak loh ini. Minta lagi dooonk” (udah di kasih minta nambah…0.o)

OMG… First bake, first cake… BERHASIL…
Rasanya seneng banget…





No comments:

Post a Comment